Top Social

[Baby Al Journey] Periksa Kandungan di RSKIA Sadewa Jogja

Friday, November 18, 2016
Seperti yang sudah saya ceritakan pada artikel sebelumnya, selama mengandung Baby Al saya periksa ke beberapa rumah sakit dan obsgyn. Pada saat usia kandungan 32 minggu, saya dan suami memutuskan agar saya dan Kakak segera ke Jogja.

Karena di Jogja ada keluarga yang bisa membantu di masa awal setelah persalinan. Kebayang kan bagaimana kondisi habis melahirkan dan juga harus merawat Kakak yang baru usia tiga tahun.

Di Jogja, saya kontrol kandungan di RSKIA Sadewa, dulu namanya RSKIA Semar. Letak RSKIA Sadewa berada di Daerah Babarsari dekat dengan Universitas Atmajaya dan Kantor BATAN. Obsgyn yang praktik di RSKIA Sadewa cukup terkenal akan expertisenya.

Karena sudah memasuki usia kandungan 32 minggu, jadwal kontrol jadi sekali dalam dua minggu. Jika sudah masuk 36 minggu jadwalnya berubah menjadi sekali seminggu.

Nah, saat di Jogja yang mengantar periksa adalah Pak Uwo (Pak Tuwo = kakek, Bapak saya). Bapak masih aktif bekerja dan sudah lumayan sepuh, oleh karena itu saya menyesuaikan dengan jadwal dan kondisi Bapak. Kasihan juga kalau Bapak harus mengantar saya malam-malam. Apalagi jadwal periksa di Obsgyn tidak bisa diprediksi. Sehingga biasanya saya periksa di hari Sabtu pagi. Atau di hari aktif jika Bapak memiliki jadwal kosong atau memang ada acara ke Jogja kota.

Saya pun fleksibel, tidak harus dengan satu dokter. Sebenanrnya ada dr. Upik juga praktik di Sadewa. Tapi jadwalnya selalu malam. Saya yang tidak tega dengan Bapak jika harus pergi dan menunggu antrian malam-malam. Obsgyn mana yang praktik pada saat saya datang dan antrian tidak banyak, saya daftar jadi pasien beliau. Hehe. Alhamdulillah semua dokter yang pernah memeriksa saya baik, ramah, dan saya merasa ditangani oleh dokter yang kompeten.

Berikut pengalaman saya periksa ke beberapa dokter di Sadewa:
1. dr. Ayu Wityasti. Beliau adalah dokter pertama yang saya temui saat pertama periksa di Sadewa. Dan sebenarnya saya berniat melalui persalinan dengan dr. Ayu. Tapi takdir berkata lain, hehe (cerita ada di artikel berikutnya). Beliau adalah dokter yang ramah,cantik, dan gayanya kekinian. Pokoknya gayanya hits lah. Pernah suatu saat saya periksa rambutnya di hairlight warna abu-abu. Dokter Ayu orangnya optimis, menenangkan, dan selalu bisa menanamkan optimisme atas kekhawatiran saya. Seperti saat saya pernah didiagnosis janinnya terlalu ke bawah oleh dokter lain, beliau menjawab bahwa kondisi tersebut normal karena janin memang berkembang dari area rahim bagian bawah. Lalu saat mendekati due date, BBJ Baby Al masih 2,460 kg. Saya sudah khawatir bukan kepalang. Karena Kakak dulu terakhir di USG BBJ 2,7 kg lahirnya saja berat badannya minim 2,55 kg. Dokter Ayu menyemangati bahwa masih ada dua minggu sebelum HPL jadi BBJ masih bisa dikejar. "Ibu kan badannya kecil, justru jangan besar-besar sampai 3 kg. Yang penting sehat dan cukup BBJ nya". Demikian penjelasan dr. Ayu yang menenangkan saya.

2. dr. Hasto. Beliau adalah salah satu dokter yang famous di Jogja. Hehe. Selain karena beliau adalah ahli dalam program kehamilan, dr. Hasto saat ini juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Kulon Progo. Beliau orangnya ramah sekali. Menjelaskan dengan detail hasil USG, bahkan tanpa ditanya. Satu kata untuk menjelaskan respon beliau sebagai seorang dokter, menyenangkan dalam men-treat pasien. Waktu membayar di kasir saya terkaget-kaget saat membaca struk pembayaran. Charge jasa dokter beliau "hanya" 35.000 sahajaaaa...

3. dr. Arief Kurnia. Beliau orangnya ramah dan suka bercanda. Selama periksa diselingi dengan tertawa-tawa karena joke yang beliau lontarkan. By the way, prediksi dr. Arif terkait BBJ dan waktu kelahiran paling tepat diantara prediksi-prediksi dokter lain. Mungkin lebih tepatnya beliau satu-satunya yang menyampaikan prediksinya dengan lengkap saat saya tanya. Hehe

Selain dengan ketiga dokter obsgyn di atas, di Sadewa saya juga pernah ditangani oleh dr. Upik dan dan dr. Ariesta. Pengalaman dengan beliau berdua saya tuliskan di sini.

Kelebihan RSKIA Sadewa ini kalau saya bilang adalah fasilitas yang cukup baik dan dokter-dokter yang mumpuni, tetapi dengan biaya yang terjangkau. Total biaya per kedatangan untuk jadwal per satu minggu rata-rata 110ribu-125ribu. Sudah termasuk hasa dokter, vitamin, print usg. Sedangkan per kedatangan untuk jadwal sekali sebulan, rata-rata total 150rb - 200rb. Tentunya tergantung kondisi ibu, janin, dan vitamin (dan atau obat) yang diresepkan.

Rumah sakitnya juga bersih. Kantinnya cukup lengkap, tapi tidak menyediakan menu makan berat. Menu makan berat berupa nasi bungkus yang jumlahnya terbatas dan cepat habis. Kakak senang sekali dengan yoghurt, buah, dan agar-agar yang dijual di sana. Tiap periksa pasti request dibelikan tiga cemilan tersebut.

Jika ingin periksa ke Sadewa, sebaiknya telepon terlebih dahulu agar bisa masuk kuota. Biasanya per dokter memiliki kuota pasien yang berbeda. Setelah terdaftar masuk kuota, datanglah minimal 1 jam sebelum jam praktik dimulai. Karena nomor antrian masuk berdaftarkan antrian ditimbang dan ditensi. Proses penimbangan dan pengukuran tensi biasanya dimulai 1 jam sebelum pemeriksaan dokter dimulai. Jadi, walaupun sudah masuk kuota, datang berjam-jam sebelumnya, dapat antrian di pendaftaran, tapi kalau ditinggal pergi dan tidak telat ditimbangnya, ya dapat antrian akhir.

Kekurangannya mungkin lebih ke hal eksternal ya. Karena biaya terjangkau, jadi pasien di RSKIA Sadewa ini banyak sekali. Bahkan ketika saya melahirkan di sana, saya masih mendengar nomor antrian pasien masih dipanggil pada jam 1 malem. Hehe... jadi harap bersabar dan datang sedini mungkin agar dapat antrian depan.

Mamas dapat melihat daftar praktik dokter secara lengkap di website resmi RSKIA Sadewa. Nomor telepon dan alamat lengkap bisa ditemukan di sana pula. Pendaftaran dapat dilakukan seminggu sebelumnya lewat telepon atau langsung ke bagian pendaftaran.
3 comments on "[Baby Al Journey] Periksa Kandungan di RSKIA Sadewa Jogja"
  1. Mbak, itu link nya ke website porno
    "Mamas dapat melihat daftar praktik dokter secara lengkap di website resmi RSKIA Sadewa"

    Website yg betul https://www.rskiasadewa.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.... Hampir aja saya buka.. Makasih inponya yaaak

      Delete
    2. Waduh kok bisa ya? Dl saya copy link dari laman RS nya langsung. InsyaAlloh segera saya ganti. Terima kasih banyak koreksi dan infonya 👍

      Delete