Top Social

[ Baby Al Journey ] Periksa dan Melahirkan di RS Happy Land Jogja

Thursday, November 17, 2016
Pertama kali periksa kehamilan sebenarnya bukan di Jogja. Waktu itu, saya yang masih Long Distance Marriage  (LDM) dengan suami, sedang di Jakarta untuk menikmati liburan. Karena sudah telat dari jadwal mesntruasi, kami putuskan untuk cek kehamilan di RS Awal Bross Bekasi. 

Alhamdulillah bahagia dan terharu rasanya saat dokter confirm bahwa saya sudah mengandung 6 bulan. Setelah yakin bahwa saya sudah hamil,kami mulai searching rumah sakit dan obsgyn di Jogja.
Pilihan kami jatuh ke RS Happy Land Jogja, karena banyak mendapat review bagus di forum ini. Ditambah lagi ada fasilitas pijat dan creambath gratis setelah lahiran. Wah tambah membuat saya makin mantap untuk periksa di Happy Land. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari kos saya yang di Jakal (Jalan Kaliurang). Happy Land bertempat di Jl Melati Wetan atau area Timoho.


Fasilitas secara fisik dan pelayanan termasuk baik. Di Happy Land juga ada senam hamil dan bisa waterbirth loh. Hanya tempat parkir saja yang kurang nyaman. Tempat parkirnya ada di basemen dan turunannya lumayan "serem" juga. Karena saya kadang ke Happy Land sendiri dengan naik motor, jadi agak khawatir juga dengan safety nya.

Saya periksa kandungan dengan dr.Upik (Suprihatiningsih). Waktu itu (tahun 2013) dr.Upik belum se-famous sekarang, tapi antrian pasiennya cukup panjang juga. Beliau dokter yang ramah, sering ngasih tips, dan informasi. Beliau bakal menanyakan terlebih dulu apakah kita masih ada pertanyaan atau tidak sebelum mengakhiri sesi periksa. Dan yang paling penting, beliau pro normal dan menyusui. Beliau juga mendukung IMD. Enaknya lagi, dr.Upik bisa dihubungi secara langsung (dulu masih via SMS). Jadi kalau ada kehawatiran, waktu itu saya pernah jatuh, bisa menghubungi beliau untuk konsultasi.

Biaya sekali periksa di sana sekitar 400 ribuan. Sudah termasuk biaya dokter, print USG, dan vitamin. Termasuk mahal ya, sudah seperti standard RS do Jabodetabek. Tapi menurut keterangan dr.Upik, Happy Land memang fasilitas dan perlengkapannya termasuk modern dan lengkap.

Waktu itu usia kandungan saya masuk 39 minggu. Tengah malam keluar flek yang membuat saya panik. Bapak dan Ibu juga ikut panik. Saya kemudian SMS dr.Upik. Beliau menyarankan untuk segera ke RS dan diberi tahu "jangan mau kalau disuruh pulang".

Paginya saya ke IGD dan sudah pembukaan 1. Tapi akhirnya saya memutuskan "pulang" ke kos dulu sambil menunggu pembukaan nambah. Sorenya saya kembali Happy Land dan memilih kamar Utama A. Kamarnya cukup nyaman. Satu kamar untuk 1 pasien, fasilitasnya ada sofa,televisi,kulkas,kamar mandi dalam, dan AC. Makanannya juga temasuk enak. Yang terlewatkan oleh saya waktu itu, tidak request minta kamar yang jendelanya bisa dibuka dan ada balkon kecilnya.

Suster-susternya masih muda dan ramah. Mereka sabar menunggu pembukaan sampai lengkap. Meskipun cukup lama pembukaan, mungkin karena kondisi ketuban dan bayi baik, tidak diberikan opsi induksi.

Ruang bersalinnya pun nyaman, satu ruangan untuk satu pasien. Dr. Upik yang ramah, saat persalinan berubah menjadi tegas. Tapi mungkin karena saya termasuk drama queen juga sih selama proses persalinan hehe. Beberapa suster mempertanyakan apakah saya bisa melahirkan dengan normal karena saya rermasuk pendek. Tapi dr. Upik meyakinkan bahwa saya bisa melahirkan normal, karena sudah memeriksa ukuran panggul dan hasil lab tidak menujukkan indikasi tertentu.

Alhamdulillah proses melahirkan bisa berjalan normal meski dengan jahitan. Proses IMD dilakukan selama satu jam lebih. Keluarga dan teman diperbolehkan satu per satu masuk ke ruang bersalin sambil menunggu IMD selesai.
Selesai proses melahirkan, saya di massage dan creambath. Tapi entah mengapa, mungkin karena baru saja melalui proses yang memforsir fisik dan mental, rasanya masih lemes dan pegal-pegal hehe.

Di Happy Land juga bisa meminta rooming-in (bayi satu kamar dengan ibu). Tapi waktu itu suami memutuskan agar dirawat di kamar bayi dulu saja biar saya istirahat.

Sebagai rumah sakit yang pro ASI, dr. Upik dan tim nakesnya memberi penjelasan kepada keluarga ketika ASI saya belum keluar, bahwa bayi memiliki cadangan makanan hingga hari ketiga. Jadi tidak perlu khawatir jika ASI belum keluar dan belum memerlukan asupan susu formula. Waktu itu memang ASI saya baru keluar tepat pada hari ketiga setelah melahirkan dan Ibu saya sudah panik hehe.

Overall pelayanan selama periksa dan melahirkan di Happy Land termasuk memuaskan. Terima kasih dr. Upik, tim bidan dan perawat, dan Happy Land 
*foto diambil dari www.granesia.com
1 comment on "[ Baby Al Journey ] Periksa dan Melahirkan di RS Happy Land Jogja"