Top Social

[Review] Unimom Mezzo Breast Pump

Thursday, November 17, 2016
Saat hamil dan melahirkan Kakak, saya masih menjadi mahasiswa. Waktu itu saya sedang dalam proses menyelesaikan tugas akhir. Pengennya sih lulus sebelum Kakak lahir, tetapi akhirnya ketika Kakak lahir, saya pun masih berstatus mahasiswa.

Selama hamil saya sudah meniatkan untuk memberikan ASI eksklusif dan menyusui hingga usia Kakak dua tahun. Saya rajin mengikuti twit @ID_ayahasi dan @droei. Sehingga saya mendapat informasi bagaimana cara memberikan ASI meski ibu tidak sedang bersama bayi.

Kebayang kan bagaimana kegiatan mahasiswa? Tidak ada jadwal pasti, tapi bisa seharian di kampus. Bahkan bisa sampai malam. Oleh karena itu, saya mulai mempersiapkan tabungan ASIP untuk Kakak. Kesalahan saya waktu itu, mau nabung ASIP tapi belum tahu breastpump yang bagus dan cocok untuk saya.

Awalnya nitip beliin suami. Padahal suami saya tidak tahu menahu juga soal dunia breastpump . Dibelikan Bambi Elektrik BP. Duh...tapi ternyata saya nggak cocok memakai BP ini. Awalnya bisa sih. Pertama mencoba dapat 100ml, tapi entah kenapa lama kelamaan saya sulit memompa dengan Bambi.

Tidak ingin stres terlalu lama karena tabungan ASIP yang tidak kunjung bertambah, akhirnya saya memutuskan membeli BP baru yaitu Unimom Mezzo. BP manual keluaran Unimom. Menurut beberapa review yang saya baca di sini, Unimom Mezzo ini prinsip kerjanya mirip dengan the famous Avent Manul Comfort.
Saya membeli Unimom Mezzo ini lewat www.gerailaktasi.com , dilayani oleh Mbak Diam yang informatif dan enak banget ditanyai. Sekarang Geral Laktasi juga ada Instagramnya yaitu @gerailaktasi.

Spare part Unimom Mezzo tampak seperti pada gambar (foto diambil dari Asibayi). Ada corong, bantalan silikon messanger, diafragma, tuas, dan membram valve. Paketan pembelian termasuk valve cadangan, botol Unimom, tutup botol, lid tutup botol, nipple Unimom, standing bottle, lid tutup corong, dan bonus kantong ASIP. Bahan-bahannya BPA-free sehingga bisa disterilisasi, kecuali lid tutup corong dan tuas.

Setelah mencoba memakainya, wow....BP ini enak sekaliii.... tanpa terasa, ASI mengalir. Very easy breezy... rahasianya ternyata ada di silikon messanger-nya. Silikonnya memijit area areola sehingga menimbulkan LDR (Let Down Reflex). Pijitan silikonnya nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit (sangat halus, hampir tidak berasa bahkan). Hisapannya lembut tapi efektif. Bagi saya yang produksi ASI-nya biasa saja, dengan Unimom Mezzo rata-rata bisa mendapatkan 90-180ml dari dua PD. Tergantung dari kondisi saat pumping. Bagi saya itu sudah termasuk banyak.

Sedikit kelemahan dari Unimom Mezzo adalah silikon messangernya entah mengapa kurang bisa pas dengan corongnya. ASI sering mleber (menetes) keluar dari bantalannya. Bagi mama eping atau sangat sayang dengan tiap tetes ASI, biasanya merasa kurang nyaman jika ada ASI yang mleber terbuang. Tapi bagi saya yang tidak bekerja rutin seperti working mom, it is not a big deal jika ada yang mleber asal tidak tumpah saja hehe. Tapi tetap merasa eman (menyayangkan) sih jika melihat ASI terbuang hiks.

Ada juga yang mengatakan bahwa mengengkol tuas nya melelahkan. Well, bagi saya tergantung kondisi masing-masing ibu sih. Kalau saya tidak merasa capek, biasa saja. Tuasnya tidak terlalu keras, jadi saya nyaman-nyaman saja mengengkol tuasnya.Tapi untuk working mom mungkin perlu dipertimbangkan aspek ini, karena working mom waktu pumpingnya dibatasi. Mungkin perlu mencoba apakah termasuk yang cocok dan nyaman dengan Unimom Mezzo dengan kondisi tersebut. Ada juga kok teman saya yang working mom dapat sukses ASI eksklusif dan menyusui selama dua tahun hanya menggunakan Unimom Mezzo tanpa bantuan pompa lain.

Unimom Mezzo telah membantu mengantarkan Kakak sukses ASI eksklusif. Tabungan ASIP saya cukup sesuai kebutuhan Kakak. Sampai saya lulus dan bisa menyusui langsung, saya sangat mengandalkan Unimom Mezzo. Unimom Mezzo adalah salah perlengkapan utama yang harus saya bawa jika pergi dalam waktu yang lama tanoa membawa anak.

Verdict: 4 from 5 stars
> Harga bersahabat, performa bagus.
> Good value. Belum bisa mengaktegorikan sebagai Best karena belum mencoba pompa manual lainnya.
Post Comment
Post a Comment