Top Social

Belanja Kebutuhan Ibu dan Bayi Menjelang Melahirkan

Monday, December 12, 2016

Saat hamil anak pertama, rasanya kalau pergi ke toko bayi semua barang ingin dibeli. Bagaimana tidak? Barangnya lucu-lucuuuuu.... Ayah langsung sensi kalau Bunda bilang: "Yah ini lucu ya", "yang itu juga lucu", "ya ampuuunnn lucu banget" dan seterusnya 😅.

Belum lagi kalau lihat online shop. Banyak perlengkapan bayi yang inovatif dan sepertinya penting untuk dibeli semua. Saya termasuk ibu-ibu yang kalap belanja kebutuhan bayi saat itu.

Pada kehamilan kedua, hasrat berbelanja sudah lumayan cool down. Sebagian besar kebutuhan bayi sudah ada, barang-barang Kakak masih banyak yang bagus. Saya tinggal menambahi beberapa buah dan yang belum dimiliki saat itu. Nah, inilah....kategori barang yang belum dimiliki ini rawan juga menimbulkan "gelap mata" dalam berbelanja. Ayah sudah siap-siap giving massive rolling eyes deh.

At least sekarang saya sudah paham garis besar barang-barang yang benar-benar dibutuhkan untuk mengurus newborn baby. Pengalaman saat mengasuh Kakak ada barang-barang yang memang pada akhirnya tidak terpakai atau signifikan fungsinya.

Berikut barang-barang yang perlu dibeli saat belanja kebutuhan bayi versi saya:
- Popok kain 12 pcs (1 lusin). Beli lebih dari 1 lusin juga baik untuk yang berkomitmen tidak menggunakan disposable diaper sama sekali.
- Celana pop 6 pcs
- Celana panjang 6 pcs (digunakan saat malam hari)
- Baju lengan pendek 6 pcs
- Baju lengan kutung 6 pcs (khusus untuk yang tinggal di daerah panas)
- Baju lengan panjang 12 pcs
- Bedong 12 pcs (pilih yang lebar, bahan lembut, dan hangat)
- Alas ompol 12 pcs (lebih juga lebih baik)
- Perlak 2 pcs
- Topi bayi 2-3 pcs
- Ember Bayi
- Handuk
- Washlap/washcloth
- Jarik (kain batik yang biasa untuk menggendong). Jarik ini bisa dialihfungsikan juga sebagai alas ompol yang bisa digunakan 2-3 kali pipis. Asal dilipat disisakan ke samping, tidak dilipat sebesar perlak.
- Gendongan bayi selain model jarik (opsional). Sekarang banyak model gendongan ada gendongan kaos, sling ring, wrap, dll. New moms biasanya masih belajar menggendong bayi dengan terampil. Pilih yang paling nyaman untuk ibu.
- Bantal bayi.
- Kelambu.
- Sarung tangan dan kaos kaki bayi min 1 pcs masing-masing.
- Stagen/korset/gurita untuk ibu.
- Pembalut ibu.
- Sabun, shampoo, minyak telon, bedak, cutton bud. Pilih merk yang aman untuk bayi, produk hyppoallergenic lebih baik lagi.
- Sisir bayi, gunting kuku bayi.
- Kapas bulat untuk membersihkan pipis dan pup bayi. Kalau saya lebih suka memakai kapas pembalut. Saya beli yang 500gram atau 1kg sekalian. Kapas pembalut ini hitungannya lebih hemat secara ekonomis dan lebih tebal jadi terasa benar-benar bersih. Bisa dibeli di apotek-apotek umum.
- Baju lucu untuk pulang dari rumah sakit. Penting banget ini 😄.

Opsional (bisa dibeli atau tidak tergantung kebutuhan dan budget):
- Selimut bayi. Tidak semua bayi mau diselimuti. Dua anak saya tipe anak yang tidak betah memakai selimut.
- Kasur bayi. Ada model kasur bayi yang sudah jadi satu dengan kelambu.
- Diaper bag (tas bayi). Biasanya akan dapat dari kado sih. Hihii. Tapi ada juga yang memfungsikan tas jenis lain yang sudah dimiliki menjadi diaper bag.
- Disposable diapers. Jika memakai disposable diapers, perlu diperhatikan kelembapan dan kenyamanan anak. Sebisa mungkin sering dicek apakah disposable diapers sudah lembab sehingga perlu diganti atau belum.

Menurut saya, perlengkapan yang saya jabarkan tersebut sudah cukup (sufficcient) untuk alat "tempur" merawat bayi newborn. Kalau ada yang ingin membeli stroller, bouncer, cribb, dkk, it is okay kok. Kebutuhan tiap ibu dan anak pasti beda tidak bisa disamaratakan. Poin paling pentingnya adalah tidak memberatkan. Jika budget mepet untuk membeli semua perlengkapan tersebut, bisa dibeli dengan dicicil tidak harus bersamaan dapat semua.

Tips lain adalah mulai berbelanja di waktu luang, tidak perlu menunggu mendekati lahiran. Karena saat hamil besar itu justru akan lebih cepat capek dan engap. Bisa dicicil belanja saat masih enjoy dipakai jalan.

Kalau di Jogja, saya suka belanja di Toko Bayi Wijaya (banyak cabangnya) yang terkenal lengkap dan murah. Khusus untuk berburu disposable diapers yang murah, bisa ke Clandys dan mendaftar menjadi member. Kalau di Tangerang sendiri saya baru pernah belanja di Varia (area dekat Stasiun Tangerang) dan Milleon (dekat Banjar Wijaya Cipondoh). Untuk Varia sendiri saya harganya 11-12 lah sama Wijaya. Tapi mungkin masih ada yang lebih murah lagi untuk area Tangerang.

Demikian list barang yang saya ingat. Mungkin ada yang mau menambahkan atau ada terlewatkan. Happy shopping ya bu ibu 😄😄😄

Post Comment
Post a Comment