Top Social

[Review] Spectra Handy Plus

Thursday, December 1, 2016
Tekad memberikan ASI eksklusif untuk Baby Al dan perjuangan melawan engorgement, menjadikan breastfeeding journey Baby Al tidak lepas dari pompa memompa ASI. Sebenarnya saya sudah cocok memakai Unimom Mezzo yang telah menemani perjalanan ASI Kakak. Tetapi karena diafragmanya bermasalah, seperti yang saya ceritakan di sini, mau tak mau saya melirik pompa ASI lain.

Sebenarnya bisa sih beli diafragma baru untuk menggantikan yang rusak. Atau belajar memerah dengan tangan seperti yang diajarkan di sini. Tapi hasrat untuk memenuhi rasa penasaran tenyata akhirnya yang menang. Hehe...bilang saja ingin beli pompa asi baru .

Awalnya pengen banget beli Avent Manual Comfort. Tapi teracuni godaan dari Mamak Ri untuk membeli Haakaa Silicone BP. Padahal waktu itu sedang ada promo tukar tambah dari Avent. Bye bye deh Avent...

Haakaa BP rencananya akan saya gunakan sebagai milksaver dan dibawa saat bepergian. So perlu beli juga pompa yang akan digunakan untuk memompa secara konvensional. Duh...ada aja ya alasan yang ditemukan untuk beli pompa baru .

Pilihan jatuh ke Spectra Handy Plus, pompa asi manual keluaran Spectra. Pilihan tersebut hasil meditasi dan membaca review dari sini.

Mengapa Spectra?

Karena sudah pernah pakai Unimom Mezzo. Hehe...nggak mutu ya alasannya. Specra Handy Plus dan Unimom Mezzo konon merupakan KW dari Avent Manual. Hasil googling menunjukkan bahwa hisapan Spectra manual termasuk kuat, bahkan setara dengan pompa elektrik kualitas high end. Menurut artikel ini, hisapan Spectra manual bisa mencapai 350mmHg. Wah cocok nih untuk mengatasi engogerment.

Spectra Handy Plus saya beli di olshop Cuddlepie Baby Shop dengan harga 265 ribu. Berikut paketan yang kita terima saat membeli Spectra manual:

Sebenarnya termasuk juga botol Spectra wideneck, nipple, tutup botol, dan lid botol sebagai satu paket pembelian tetapi terlanjur sudah digunakan dan masuk freezer.

Sewaktu paket datang saya cukup terkejut karena kotak bungkusnya kecil. Lebih kecil dari Unimom Mezzo. Tapi ternyata besar alatnya sama. Seperti ini perbandingan antara Spectra dan Unimom:

Duh beda ya warna BP baru dan yang sudah lama 

Setelah dicuci dan steril, cus saya langsung coba. Belajar dari pengalaman diafragma Mezzo yang mangap akibat saya sterilkan, tidak semua part saya sterilkan meski aman jika mau dilakukan. Silikon dan diafragma cukup saya siram dengan air panas.

Berdasar pengalaman saya, berikut kelebihan dan kekurangan Spectra manual:

+ Hisapannya kuat, tapi tidak menyakitkan. Agak kaget saat pertama mencoba, karena biasa menggunakan Mezzo yang tarikannya lembut. Kalau Mezzo tuasnya diengkol dengan kekuatan penuh pun hisapannya nggak terasa. Kalau Spectra tuasnya cukup diengkol dengan "santai", tidak perlu dengan banyak tenaga.

+ Cukup bisa mengosongkan PD. Setelah selesai memompa, bagian bengkak yang nggrenjel (apa ya bahasa Indonesianya, yang saya maksud bagian yang keras dan ditekan sakit) bisa lemes dan hilang. Hasil perahannya juga lebih banyak dibandingkan menggunakan Mezzo. Bisa beda 30-40ml kl di saya (bisa beda antar pengguna). Mungkin berhubungan dengan hisapannya yang kuat. Kosong atau tidaknya PD parameternya tidak bisa ditunjukkan dari hasil perahan atau kempesnya PD. Tapi bagi saya, dapat membantu menghilangkan engogerment sudah oke sekali.

Hasil perahan dengan Spectra

+ Silikon messengernya lebih rapat sehingga tidak ASI yang merembes keluar. Jika ada ASI yang merembes, berarti kurang rapat dalam memasangkan silikon. ASI yang menyangkut di silikon petal nya pun sedikit, tidak seperti Unimom yang cukup banyak ASI menyangkut.

+ Sparepart-nya mudah ditemukan. Bisa dibeli di olshop terkenal macam Gerai Laktasi dan Asibayi. Di olshop yang lain saya kira juga ada.

- Saya kok merasa tuasnya lebih keras dari Mezzo. Kalau Mezzo berasa lebih empuk. Tapi karena hisapan Spectra lebih kuat, meski keras energi yang kita keluarkan juga less. Dua-duanya sih sama-sama ada resiko pegel, namanya juga pompa manual. Tapi bagi saya yang berbadan kecil dan bertangan mungil (tsaah....), tuas Mezzo lebih ergonomis karena bentuknya lebih kecil. Pas saja ketika dipakai.

- Menurut saya corong dan silikonnya lebih cocok untuk mamas dengan PD kecil. Entah mengapa meski diameternya sama ketika saya bandingkan dengan Mezzo, tapi angle silikon Spectra lebih rapat dan ketat ketika dipasang di PD.

Overall, saya merasa cocok menggunakan Spectra manual. Sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas saya yang banyak di rumah. Kalau dibandingkan dengan Mezzo, sama lah tergantung selera. Apakah lebih senang yang hisapan kuat atau lembut, tuas besar atau kecil. Kalau saya saat ini lebih memilih Spectra karena hisapannya lebih mantap dan less wasted milk.

Selama ini Spectra saya pakai bergantian dengan Haakaa BP, karena Haakaa juga cukup efektif untuk memompa. Good value lah kalau saya bilang. Harga terjangkau, performanya oke.

Once again, pompa asi adalah produk yang cocok-cocokan. Bisa cocok di saya, belum tentu cocok di mamas yang lain. Yang paling penting adalah cukup cairan, rasa bahagia, dan rileks selama memompa. Kalau bisa sebelum memompa bisa dikompres dengan air hangat agar memperlancar saluran ASI. Untuk aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli pompa, bisa baca artikel ini yang lebih menyeluruh.

Verdict
4 out of 5
Post Comment
Post a Comment