Top Social

Pengalaman Periksa di Poli Anak RSIA Sepatan Mulia

Wednesday, October 18, 2017
Pada awal kepindahan kami ke daerah Sepatan Timur, kami merasakan pindah ke daerah yang benar-benar baru buat kami. Kami bukan asli penduduk Tangerang dan tidak punya kerabat di sini. Untuk belanja, mencari pasar, mencari sekolah, dan fasilitas umum lainnya harus bertanya-tanya terlebih dahulu ke tetangga atau teman yang juga tinggal di area yang dekat dengan rumah kami.

Termasuk saat membutuhkan fasilitas kesehatan, awalnya kami kebingungan. Karena saat itu saya sedang hamil anak kedua, jadi membutuhkan faskes untuk rutin check up kehamilan. Untuk keperluan periksa kehamilan, kami memutuskan untuk ke RS Sari Asih Sangiang.

Tapi tidak hanya untuk periksa kehamilan, saat anak-anak sakit tentu kami membutuhkan faskes terpercaya. Klinik dan tempat praktik dokter atau bidan memang ada beberapa. Tapi saya merasa perlu memeriksakan anak-anak ke dokter spesialis anak jika sakit.

Kenapa? Bukan belittling profesi kesehatan lain, semua profesi kesehatan itu penting dan saling melengkapi. Tapi anak kami memang memiliki kondisi yang rentan dengan sakit batuk dan pilek seperti yang pernah saya ceritakan di sini. Untuk anak kedua kami karena masih kecil juga saya merasa perlu berhati-hati dalam memberikan obat.

Pernah suatu kali Kakak demam tinggi sampai 5 hari. Sudah diperiksakan ke klinik terdekat tapi demam dan batuknya tidak kunjung membaik. Karena Sp. A belum ada yang praktik dekat sini, saya meminta Ayah untuk pulang kantor lebih cepat untuk periksa ke RS Hermina Tangerang. Ternyata demam tingginya disebabkan oleh radang tenggorokan yang tidak kunjung sembuh dengan antibiotik sebelumnya.

Repot dan khawatir sekali kan, jika harus menunggu Ayah pulang kerja baru bisa berangkat padahal anak urgent untuk diperiksakan.

Alhamdulillah awal tahun 2017 ini, ada rumah sakit ibu dan anak (RSIA) baru di daerah Sepatan, yaitu RSIA Sepatan Mulia. Tepatnya di Jl. Pakuhaji dekat pertigaan Pasar Sepatan. Rumah sakit ini memang tergolong sepi. Mungkin faktor kultur budaya setempat dan masih belum banyak yang mengetahui keberadaannya.

Halaman Depan

Pintu Masuk

Menuju IGD, Rawat Inap di belakang IGD

Tempat Alloanamnesa Perawat

Meski sepi, tapi fasilitasnya termasuk mencukupi (suffice). Ada poli anak, kandungan, poli gigi, laboratorium (dari CITO), dan IGD. Rencananya juga akan ada poli penyakit dalam dan bagian radiologi, tapi belum dibuka hingga saat ini. Berikut jadwal masing-masing poli:

Ruang Poli

Masing-masing poli baru ada satu dokter spesialis praktik, tapi jadwalnya cukup membantu karena ada setiap hari kecuali hari Minggu. Untuk pendaftaran dan jasa dokter charge nya sekitar 90-105 ribu rupiah, di luar obat yang diresepkan.

Untuk poli anak sendiri, dokter praktiknya adalah dr. Krisye Y. Lawin, Sp. A. Jadwal praktik beliau ada sampai Sabtu. Pagi jam 08.00-11.00 dan sore mulai pukul 17.00. Selain melayani pemeriksaan kesehatan, poli anak juga melayani imunisasi.

Ruang Tunggu Di Depan Poli Anak

Dr. Kris adalah dokter yang masih muda, sangat ramah, dan suka ngobrol. Beliau banyak mengajak pasien diskusi dan memberikan tips-tips yang relevan dengan keadaan pasien. Beliau pernah memberikan tips tentang MPASI, menu-menu, imunisasi, dsb.

Salah satu yang membuat saya senang dengan dr. Kris adalah beliau termasuk dokter yang menganut RUM (rational use of medicine). Jika belum dirasa perlu memakai antibiotik, beliau tidak meresepkan. Beliau juga sangat update dengan isu-isu kesehatan yang sering dihadapi ibu-ibu.

Terkadang beliau juga mengajak ngobrol di luat tentang kesehatan, karena beliau pernah tinggal di Jogja dan ternyata satu almamater dengan saya. Beliau kadang bercerita dan mengajak diskusi tentang masalah-masah sosial di daerah sini.
RSIA ini juga melayani rawat inap, termasuk untuk melahirkan. Kelas ruangnya terbagi dari kelas 1, 2, 3, dan VIP. Sepatan Mulia juga sudah bisa melayani BPJS.

Ada Ruang Laktasi (Menyusui) juga lho

Untuk bagian farmasi sendiri, obat yang disediakan dari range generik hingga keluaran perusahaan yang terkenal paten di bidang farmasi. Apotekernya juga saya nilai kompeten.

Untuk dr. Krisye sendiri, biasanya enak untuk diajak konsultasi soal obat. Biasanya saya minta untuk diresepi obat yang range harganya tidak terlalu mahal, jika tidak terlalu diperlukan.

Overall saya pikir sudah memenuhi standard rumah sakit yang semestinya. Ya iyalah, kalau enggak ya masak boleh berdiri 😄.

Demikian cerita singkat saya tentang RSIA Sepatan Mulia. Bisa menjadi salah satu alternatif tempat periksa, imunisasi, dan melahirkan. Terutama untuk yang tidak mobile dan "buta" akan daerah Tangerang seperti saya.
2 comments on "Pengalaman Periksa di Poli Anak RSIA Sepatan Mulia"
  1. waaah kebetulan aku jg orang sepatan timur bun...ini lg cari dktr pagi2 biasanya ssh...klo si RS itu brbt sma dr Sp.A range hrgany brpa ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai maaf baru sempat membalas. kalau total habisnya bervariasi tergantung obat yang diperlukan. rangenya 120-200 an ribu biasanya. pernah habis 120an ribu karena waktu itu diresepkan satu jenis obat racikan.semoga membantu ya

      Delete