Top Social

Buku "Kreasi Asyik Muslim Cilik"

Thursday, January 11, 2018
Belakangan ini banyak buku bertemakan permainan edukatif untuk anak yang bisa kita temukan. Buku-buku ini biasanya merupakan kumpulan permainan edukatif yang bisa dilakukan di rumah bersama dengan orang tua. Perkembangan yang menggembirakan karena hal ini menunjukkan bahwa kesadaran orang tua akan interaksi dan kegiatan positif untuk anak semakin meningkat. Buku berjudul “Kreasi Asyik Muslim Cilik” karya Azka Madihah merupakan salah satunya.



Setiap lembar dirancang dengan menarik karena colourful dan disertai dengan gambar-gambar lainnya. Jadi anak pun ikut tertarik untuk melihat lembar demi lembar bukunya. Dari melihat per lembar, anak bisa memilih permainan mana yang ingin dilakukannya terlebih dahulu.

Yang membedakan buku ini dengan buku lain yang bertema serupa adalah permainan-permainan yang dikenalkan bertujuan untuk mengenalkan konsep, ibadah, dan kisah untuk anak Muslim. Sebagai contoh adalah tentang ibadah haji, kisah Nabi Nuh, hujan, dan mengenal huruf hijaiyyah.

Poin yang menarik adalah, penjelasan permainan tidak hanya dalam bentuk foto dan instruksi. Tetapi di setiap kegiatan ada penjelasan yang diambil dari ayat Al-Quran atau hadist yang narasikan dalam bentuk cerita. Sehingga permainan yang dikenalkan memiliki konteks, tidak hanya berupa kegiatan saja. Misalnya pada bagian membuat miniatur kakbah, dihantarkan dengan cerita tentang ibadah haji yang dilakukan di Makkah dan bagaimana umat sedang berhaji mengelilingi kakbah tersebut.

Orang tua dapat sekaligus belajar dari narasi cerita sebelum menjelaskan pada anak. Karena berbentuk cerita, orang tua pun bisa terbantu mengisahkan dengan cara membacakan cerita tersebut. Tentu dengan improvisasi sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Menurut saya, inilah yang menjadi kelebihan dari buku ini.

Permainan-permainan di dalamnya lebih sesuai untuk anak yang sudah mulai bersekolah. Karena konsep yang dikenalkan cukup kompleks. Meski anak di bawah usia tersebut pun bisa diajak terlibat, tetapi dengan catatan permainan yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan motorik anak dan penjelasan yang diberikan harus disesuaikan dengan tingkat pemahamannya.


Post Comment
Post a Comment