Top Social

Membeli Tema/Template Blogger yang Feminine atau Vintage

Thursday, January 4, 2018
Setelah sekitar satu tahun nge-blog, saya merasa perlu ada inovasi dalam blog yang saya tekuni. Ingin aja ada sesuatu yang fresh dan lebih baik dari tahun lalu. Kemudian saya mencoba untuk menganalisis “apa sih yang membuat suatu blog menarik dan berkualitas?”.

Jawaban utama tentu saja harus punya skill menulis yang baik. Untuk bisa belajar di bawah profesional saat ini untuk saya sulit karena prioritas saya masih mengurus anak-anak. Satu-satunya cara adalah mencoba untuk banyak membaca dan menulis. Saya selalu ingat quote (tapi belum menemukan kembali sumbernya): in order to write, you have to read. Seperti layaknya take and give, menulis juga seperti itu. Kita mencoba memberikan sesuatu lewat tulisan, tentu kita juga harus punya sesuatu untuk ditulis. Konsisten untuk terus menulis adalah cara yang harus ditempuh selanjutnya untuk dapat mengasah keterampilan menulis.

Awalnya Naksir Tema-tema dari Themeforest

Themeforest Mayoritas (atau semua) Untuk Wordpress

Jawaban selanjutnya dari pertanyaan awal saya adalah: tampilan blog yang eyecatching. Trend belakangan ini saya lihat banyak blogger memakai tema yang clean dan minimalis. Tidak banyak gambar atau ornamen “berseliweran” agar lebih menonjolkan tulisan, hasil jepretan pribadi, produk yang dijual, dsb.

Saya sendiri juga menyukai tipe-tipe tema clean dan minimalis ini. Saya coba konsultasi dengan teman yang lebih dulu ngeblog, ditunjukkan beberapa situs yang menyediakan free blog template, tapi saya justru cenderung menyukai template-template berbayar. Kemudian saya berpikir “it is okay lah, coba yang berbayar”.

Agar dapat harga yang enak di dompet, saya coba cari yang di Indonesia dulu. Tetapi setelah berhari-hari seacrhing, tetap belum menemukan yang sreg di hati. Usut punya usut, kenapa belum ada yang cocok? Ternyata selain clean dan minimalis, saya mencari sentuhan feminin di dalam sebuah tema. Kata teman saya, belum banyak demand dari blogger wanita untuk desain feminin ke “tukang” desain Indonesia. Jadi seperti ini lah adanya saat ini, lebih banyak tema yang sederhana, macho, dan fungsional (desain yang ramah untuk menempatkan iklan secara strategis).

Di situs luar negeri banyak sih, tapi mahal. Semakin bagus, semakin mahal. Semakin saya suka, semakin mahal.

Titik cerah itu datang setelah menemukan artikel ini. Di artikel Almaiza tersebut dijelaskan kita bisa membeli tema blog di Etsy. Etsy merupakan market place, tidak hanya untuk yang berhubungan dengan desain web atau blog, tetapi juga bermacam-macam. Tetapi memang saya lihat barang yang banyak terekspos adalah yang handmade, unik, dan ada nuansa vintage. Bisa juga nih untuk tempat jualan baru yang lebih menginternasional.

Love the themes in Etsy dan kebanyakan untuk Blogger based

Setelah saya masukkan kata kunci “blogger template resonsive muncul lah template yang cantik-cantik. Dan saya suka! Suka banget. Entah mengapa mayoritas template di Etsy cocok sekali dengan selera saya.

Harganya, meski dalam dolar, juga terjangkau untuk tema blogger (bukan wordpress). Dari 3$ saja pemirsa! Wah langsung deh kalap.

Tapi tetap ya, kita harus baca review dari pembeli-pembelinya. Alhamdulillah, banyak juga yang sudah membeli template blog lewat Etsy. Jadi bisa sebagai bahan pertimbangan untuk memilih yang mana. Karena beneran deh, if you love clean, simple, vintage, feminine touch then you are gonna love it!

Jika tidak bisa melakukan transaksi lewat Paypal atau semacamnya, coba cari seller yang dari Indonesia. Dengan klik bagian filter di “Shop Location” kemudian pilih “Indonesia”. Seller dari Indonesia untuk template blog ini ada beberapa dan banyak mendapat review positif. Enaknya lagi, mereka lebih mudah dihubungi dan jika kita memiliki pertanyaan-pertanyaan jadi lebih mudah untuk bertanya.
Pilih Shop Location dari Indonesia (di foto ini kiri bawah)

Saya akhirnya purchase dua template dari seller Indonesia yang berbeda. Satu untuk template blog ini (Vefio Themes), satu lagi untuk web baru saya yaitu Kariry (SkyandStars). Bahkan bisa minta customize ke SkyandStars, dengan biaya tambahan tertentu. Seller juga memberikan guideline cara mengaplikasikan, mengedit, dan menambahkan hal-hal yang kita inginkan. Step by step, jadi bagi yang minim pengetahuan tentang desain dan blog seperti saya, sangat terbantu.

 Tampilan Web Kariry


If you want me to summarize, just one word: RECOMMENDED!



Post Comment
Post a Comment