Top Social

Membuat Infogram, Infochart, dan Poster Agar Presentasi Lebih Menarik

Thursday, January 4, 2018
Saya senang mengikuti blog competition. Jika ada tema suatu blog competition yang saya rasa memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait, saya biasanya langsung gercep ikut. Selain mengharap apresiasi hadiah yang dijanjikan, hitung-hitung juga membuat saya sedikit lebih rajin menulis. Jika artikel makin banyak, suatu keuntungan juga kan?

Sudah pernah menang?

Dari sekian banyak blog competition yang saya ikuti, alhamdulillah pernah menjadi pemenang utama di blog competition The Urban Mama dan mendapat hadian hiburan dari Prelo. Selebihnya belum ada yang berhasil.

Jadi penasaran dong. Pernah menang tapi kok selanjutnya belum pernah menang lagi.

Akhirnya saya coba menganalisis keebihan-kelebihan para pemenang dan apa yang belum saya miliki dari kelebihan tersebut. Ingin menjadi lebih baik dong pastinya. Berikut kelebihan yang dapat saya cermati:

  1. Isi tulisan yang berbobot. Saya akui bahwa beliau-beliau adalah good writer. Tulisannya mengandung makna. Tidak hanya sekedar menuliskan pengetahuan atau pengalaman, tetapi juga didukung fakta dan sumber-sumber yang mendalam. Tulisan-tulisan tersebut mampu mengajak untuk berpikir dan membentuk opini pembaca meski kadang dengan kalimat-kalimat yang tidak langsung mengejakan maksud penulis (subtle).
  2. Alur tulisan yang mengalir dan magnetis. Keterampilan menulis yang mumpuni dapat membuat pembaca penasaran dan engaged dari awal hingga akhir.
  3. Tampilan blog yang menarik. Mulai dari tema, warna, dan foto yang dipakai. Untuk mendapat tema blog yang menarik dapat dicari di sini.
  4. Penyajian fakta yang menarik dengan gambar atau efek tertentu.


Untuk poin 1 dan 2 dapat diasah dengan menulis terus menerus. Tentu sambil terus mengevaluasi perkembangan keterampilan atau “berguru” pada penulis yang lebih berpengalaman. Untuk poin 3, dapat kita beli atau download secara gratis sesuai dengan selera kita.

Yang susah menurut saya adalah poin 4, karena untuk dapat menyajikan dengan menarik atau efek tertentu kita harus memiliki kemampuan desain atau Corel. Which I don’t have at all. Lalu bagaimana solusinya untuk kaum-kaum “fakir” Corel dan desain seperti saya?

Tenang...kita bisa mengunjungi situs-situs berikut untuk bisa menyajikan fakta secara menarik dalam bentuk infografik, poster, infogram, atau bahkan CV. Di situ-situs berikut disediakan template yang bisa kita edit dan blank template yang bisa dikreasikan dari awal.

  • Easel.ly >> Sejauh ini template Easel.ly yang disediakan gratis termasuk yang paling banyak. Avatar, foto, warna, pilihan huruf, dan animasi juga banyak. We can design like a pro!
Contoh Template dari Easel.ly
  • Pictochart >> Pictochart juga menyediakan banyak template bagus dan gratis. Saya juga pernah membuat beberapa infochart dan poster di sini, padahal kan saya tidak mahir Corel sama sekali.
Contoh Template dari Pictochart.com

  • Venngage >> Template di sini juga bagus-bagus. Tapi sayang untuk pemakaian gratis dibatasi untuk beberapa kali. Baru beberapa kali login dan belum sempat menyelesaikan satu infochart, saya sudah tidak bisa mengedit lagi karena harus diupgrade ke yang berbayar. Tapi tak masalah kok, bagi yang memang pekerjaan atau tugasnya berhubungan dengan presentasi rasanya tidak masalah untuk upgrade.
Contoh Tempate dari Venngage.com

Senang ya, jaman sekarang kita bisa memanfaatkan teknologi. Sayang waktu jaman saya sekolah dan kuliah belum ada situs semacam ini. Ya iyalah dulu jika mau mengakses internet harus ke warnet, presentasi di kelas pun pakai OHP. Duh, ketahuan kalau generasi jaman old.

Blogger, pelajar, mahasiswa, dan karyawan bisa memanfaatkan keberadaan situs-situs ini. Sangat membantu untuk menarik perhatian pembaca atau audience terhadap apa yang kita sajikan. Helpful!


Post Comment
Post a Comment