Top Social

Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, dan Pantai Nguyahan di Gunung Kidul, Yogyakarta

Friday, January 12, 2018

Belakangan ini muncul objek-objek wisata “baru” di Yogyakarta. Lebih tepatnya objek-objek wisata ini sudah lama ada eksistensinya karena merupakan objek wisata alam. Tetapi baru beberapa tahun terahir ini dibangun fasilitas yang memadai dan diperkenalkan secara luas. Pantai-pantai ini berada di Kabupaten Gunung Kidul, yang bisa ditempuh sekitar 2 jam dari Kota Yogyakarta. Jika Anda sudah pernah ke Pantai Parangtritis, Kukup, Baron, dan Krakal, sejatinya pantai-pantai ini merupakan bagian dari lanjutan dari pantai-pantai tersebut. Pantai-pantai ini merupakan barisan dari pantai yang berada di Laut Selatan.

Banyak sekali pantai “baru” yang bisa kita kunjungi. Saya juga belum mampu mengunjungi satu per satu pantai-pantai ini. Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan merupakan tiga pantai “baru” yang pertama saya kunjungi.


Pantai Ngrenehan

Saya sarankan sih saat kita memang hendak berekreasi ke dua pantai ini bersama keluarga maka membawa tikar, bekal nasi, air, dan peralatan makan secukupnya. Jika ingin membawa lauk pauk pun tak mengapa. Dua kali mengunjungi pantai tersebut, tujuan pertama kami adalah Pantai Ngrenehan. Di Pantai ini banyak nelayan dan terdapat pasar ikan juga. Disini lah kami membeli olahan seafood seperti ikan bakar, cumi, udang, dsb. Di sana ada beberapa pilihan tempat makan. Saya sendiri suka dengan masakan di sebuah warung yang didepannya persis ada pohon yang tumbuh melintang. Karena saat pertama kali ke sana, sambal yang disediakan maknyus banget. Pedassss! Saya dan teman-teman menamainya “sambal setan”. Tetapi sayangnya saat kedua kali berkunjung, sambalnya biasa saja. Mungkin karena kami datang saat sedang puncaknya musim liburan jadi stock cabainya juga menipis *apasih.

Pohon Melintang di Depan Warung Makan Favorit

Saat Pertama Kali ke Ngrenehan Menyantap "Sambal Setan"

Ekspresi Haru Setelah Merasakan Kepedasannya


Meski termasuk sentra nelayan, tetapi kita juga bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di sini. Kita juga bisa naik perahu dari Pantai Ngrenehan ke Pantai Ngobaran, kemudian balik lagi. Tapi harap berhati-hati ya, apalagi jika membawa anak kecil. Karena ombak pantai selatan itu whewww, seperti yang kita tahu, besar dan kecang!

Meski membeli lauk di Ngrenehan, kami tidak memakannya di sana. Tetapi kami langsung lanjutkan perjalanan ke Pantai Ngobaran. Niatnya memang kami berkeliling dan menikmati keindahan Pantai Ngobaran terlebih dahulu. Setelah lapar baru kami menggelar tikar dan menyantap hidangan yang telah dibawa (atau dibeli). Di Pantai Ngobaran juga banyak tempat makan sih. Jadi tidak masalah juga kalau langsung menuju Pantai Ngobaran.

Apa yang menjadi daya tarik Pantai Ngobaran? Airnya masih biru dan pantainya putih. Jadi sangat indah sekali. Saat masuk kita akan disambut oleh bangunan-bangunan yang menyerupai candi. Ada beberapa bangunan yang terlarang untuk dimasuki. Mungkin karena dipergunakan untuk melaksanakan upacara agama.

Disambut Beberapa Bangunan Mirip Candi

Melihat Pantai Ngobaran dari Salah Satu "Candi"

Di sisi pintu masuk, kita bisa melihat pantai dari tebing-tebing. Karena Pantai Ngobaran ini dikelilingi tebing. Jika ingin turun pun bisa. Saat air surut, dijamin Anda akan mendapatkan spot yang sangat indah untuk diabadikan. Tetapi sekali lagi ingat, bahwa ombak pantai selatan besar dan kencang.

Diantara "Kaki" Batu Karang

Menatap Pantai Ngobaran dari Salah Satu Tebing


Setelah mengelilingi bagian yang memiliki banyak "candi", jangan berhenti untuk menyusuri pantai. Teruslah berjalan menyusuri jalan utamanya. Karena setelah menuruni jalan utama, kita akan menemukan pantai yang lebih landai, yang bernama Pantai Nguyahan. Jadi kita bisa langsung menyentuh air laut tanpa dihalangi tebing. Di area ini anak-anak lebih leluasa bermain karena medannya tidak terjal. Anak-anak bisa berlarian di pasir putihnya. Tetapi harus selalu dalam pengawasan orang tua ya. Kita tidak bisa menduga kapan ombak datang.

Touch Down Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan yang Lebih Landai

Asyik Bermain Pasir (dan sunbathing)


Jika Anda adalah tipe penikmat yang tidak mau direpoti dengan urusan fotografi, maka Anda bisa meminta para fotografer yang siap menyediakan jasanya. Mereka juga hafal titik-titik kita dapat menemukan foto terbaik. Kita pun bisa langsung mencetak foto atau meminta soft file nya (dengan membayar tentu saja).

Indah dan Damai

Sepasang Sandal di Hamparan Indahnya Pasir Putih

In The Hardship, Friendship and Beautiful Moments Are Treasures

Saya pribadi lebih senang mengunjungi pantai di saat tidak ramai pengunjung. Karena terasa damai dan benar-benar bisa menikmati keindahannya. Tetapi mencari waktu cuti saat hari aktif bekerja kan memang sulit. Jadi kita nikmati saja kesempatan yang ada untuk bercengkerama dengan keindahan Pantai Nguyahan dan Ngobaran.
Post Comment
Post a Comment