Top Social

Pantai Sundak Timur Yogyakarta yang Ramah Anak

Tuesday, January 16, 2018
Libur Lebaran tahun 2017 lalu, selain kami isi bersilaturahmi dengan keluarga, juga kami jadikan kesempatan untuk berekreasi. Secara tak terduga teman-teman kuliah saya sedang berada di Jogja dan mengajak untuk berwisata alam. Searah dengan rumah kami, wisata alam yang paling tepat adalah pantai-pantai di Gunung Kidul.

Seharusnya kami berangkat lebih pagi, agar bisa berlama-lama di pantai tentu saja. Tetapi teman-teman saya memanfaatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata terlebih dahulu yang terletak di antara Kota Yogyakarta dan Gunung Kidul. Jadilah kami mulai berangkat dari rumah saya sekitar jam 13.00 WIB.

Karena Pak Suami belum handal mengendarai mobil, maka seorang driver kami rekrut khusus mulai dari Kota Yogyakarta. Kita sebut saja beliau dengan nama Mas Bro. Sebenarnya saat memulai perjalanan dari rumah, kami belum memutuskan pantai mana yang ingin kami kunjungi. Ketiga teman saya yang merupakan gadis-gadis penjelajah menginginkan sesuatu yang baru. Mereka sudah “khatam” dengan pantai Ngobaran, Drini, dkk.

Sempat tercetus nama Pantai Wedi Ombo, karena kami melihat pemandangannya yang begitu bagus dan tempatnya masih alami. Tapi Mas Bro dengan serta merta menolak. “Hah?! Wedi Ombo??!! Itu udah mau daerah Wonogiri! Nggak usah ya!” demikian kata Mas Bro. Selaku penumpang yang pengertian kami pun mengikuti saran Mas Bro. Karena Mas Bro ini sudah hafal dengan seluk beluk jalan dan wisata di Yogyakarta.

Setelah berdiskusi beberapa saat, akhirnya kami putuskan untuk pergi ke Pantai Sundak Timur. Pantai Sundak Timur dan Sundak Barat ini berdekatan, layaknya Pantai Ngobaran dan Nguyahan. Bedanya jajaran Pantai Sundak lebih landai dan sedikit bertebing. Alasan kami ingin pergi ke sana karena kami belum pernah mengunjungi pantai tersebut. Dan menurut Mas Bro Pantai Sundak Timur relatif lebih sepi pengunjung. Kami memang mencoba mencari pantai yang tidak begitu padat pengunjung karena memang ingin menikmati keindahannya.

Setelah sampai di sana.....

Langit Biru dan Air Laut yang Memantulkan Kebiruannya
Deburan Ombak Pantai Sundak Timur

Kami sungguh tidak menyesal! Pantainya sangat indah. Pasir putih dan birunya air laut benar-benar menghipnotis kami. Saat kami ke sana cuaca juga sedang cerah sehingga semakin mendukung kami mengeksplorasi pantai. Apa saja yang menyenangkan di Pantai Sundak Timur?

Baby Al Menemukan Mainan Baru
Kakak Langsung Bergelut dengan Aktivitas Kegemarannya

Pasir putihnya sangat menggoda anak-anak untuk bermain di sana. Kakak dan Baby Al langsung bermain-main di pasir. Tetapi hati-hati ya, untuk anak usia di bawah dua tahun selalu awasi agar mereka tidak memakan pasirnya.


Excited Berenang 

Berbeda dengan pantai selatan yang lain, Pantai Sundak Timur ombanknya relatif tenang dan tidak berbahaya. Anak-anak dapat dengan leluasa berenang di pinggir pantainya. Satu tips dari saya, jangan langsung berenang ketika sampai di pantai. Karena energi anak-anak akan terkuras sebelum mereka sempat menjelajah pantai. Ajaklah mereka berkeliling dan bermain hal lain sebelum berenang, karena banyak sisi pantai ini yang bisa dinikmati. Setelah mereka bosan menjelajah, baru ajaklah mereka berenang. Meski ombaknya tidak sebesar pantai selatan lain, tetap awasi anak-anak dari jarak yang dekat.

Seperti Memiliki Dua Area: Air Tenang dan Berombak

Banyak Flora Fauna Laut
Dari Atas Air Jernihnya Air Laut
Air pantai ini seperti memiliki dua area. Area tenang seperti sungai dan area berombak. Di area tenang ini, kita bisa melihat rumput laut dan fauna laut lainnya. Pakailah selalu alas kaki saat menjelahi area ini karena banyak kerang atau babi laut yang bisa menusuk atau menyengat.

Kakak Menikmati Air Kelapa Muda di Tepi Pantai
(sayangnya ada handuk yang menganggu pemandangan)

Saung-saung di Tepi Pantai
Saat lapar dan haus kita bisa memesan minuman dan makanan di kedai-kedai di sepanjang pantai. Kita juga bisa duduk di "saung" atau menggelar tikar di pasir pantai.

Menjelang Sore di Sundak Timur

Sunset Sepertinya Sangat Indah di Sini

Kita juga bisa menikmati sunset yang indah di pantai ini. Sayangnya kami tidak bisa berlama-lama hingga matahari terbenam karena membawa dua anak balita. Kami memutuskan pulang sebelum Maghrib menjelang. Kami juga sempat mampir di Pantai Indrayanti. Menurut Mas Bro, Pantai Indrayanti dikonsep seperti Pantai Kuta. Memang sih banyak kafe, tempat makan, penginapan, dan tempat membeli oleh-oleh di sini. Sayangnya kami hanya mampir numpang lewat saja di sini.

Jika Saya simpulkan secara singkat, Pantai Sundak Timur ini ramah untuk keluarga yang memiliki anak kecil. Tanpa menghilangkan sisi keindahan pantai yang bisa dinikmati orang dewasanya juga.

Pengganti Pre-Wedding
(taken by Laelatus Syifa)

See you in another travel!


Post Comment
Post a Comment