Top Social

Rabbit Hole, Buku Berkualitas untuk Anak

Wednesday, January 3, 2018
Pertama mengetahui tentang koleksi buku Rabbit Hole, sebenarnya saya sudah tertarik. Kontennya menarik dan disusun oleh Devi Raissa yang seorang psikolog. Asumsinya pasti isinya tidak “sembarangan” dan benar-benar disesuaikan dengan perkembangan anak. Tapi saat mendengar harganya, jadi mundur teratur. Lumayan juga, satu set bukunya dibandrol sekitar 450-an ribu lebih. Ada yang set untuk newborn-1 tahun, ada juga untuk anak yang lebih besar. 


Instagram Rabbit Hole


Waktu itu saya pikir “ah takut anaknya nggak suka atau malah berakhir disobek-sobek seperti buku lainnya”, secara termasuk mahal. Kami mencoba mengajarkan untuk tidak membelikan barang mahal jika tidak terpakai atau tidak dijaga oleh anak-anak. Jika ingin membeli sesuatu yang mahal kami biasa menekankan untuk mengetahui dulu manfaatnya, menabung, dan menjaga barang tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman saya yang baru saja menjadi ibu baru membeli salah satu buku RabbitHole. Dia sangat merekomendasikan buku-buku Rabbit Hole karena bernilai edukasi. Kalau soal kualitas isinya, saya sih tidak meragukan. Dari teman saya tersebut, saya juga mengetahui bahwa Rabbit Hole sedang mengadakan diskon dan sale untuk buku-buku Bahasa Inggris dan reject. Wah saya pikir lumayan nih dapat harga yang terjangkau. Akhirnya saya pun melakukan pembelian untuk beberapa judul buku berbahasa Inggris dan reject.

Nggak takut beli buku reject?

Tidak tahu kenapa, saat membaca deskripsi kenapa buku tersebut reject, saya merasa aman-aman saja. Kenapa penerbit sangat berani menjual buku-buku reject ini? Tidak lain dan tidak bukan, karena quality control nya sangat ketat. Buku-buku ini adalah buku yang tidak lolos karena standard pengeleman atau percetakan (warna, gambar, dll). Menurut penjual masih sangat layak baca, karena buku reject yang dijual tentu diseleksi lagi agar kontennya tetap tersampaikan dengan baik.

Buku "Hmmm.." (Girl) Versi Bahasa Inggris 

Untuk buku-buku berbahasa Inggris termasuk produk yang disale karena beberapa waktu lalu Rabbit Hole berniat untuk mengikuti pameran buku internasional. Oleh karena itu mereka menerjemahkan sejumlah buku ke dalam Bahasa Inggris. Buku-buku yang disale adalah buku yang belum berhasil terjual di pameran. Saya pikir tidak masalah meski Bahasa Inggris, karena kami akan membacakan bukunya dalam Bahasa Indonesia jadi anak tetap mengerti. Membacakannya sambil berpikir juga sih tapi...err...

Mengenal Berbagai Kendaraan dan Suaranya

"Suara Apa Itu?": Semacam Pop Up Book
Bisa Diimprovisasikan Dengan Berbagai Suara


Setelah buku-buku tersebut sampai, ternyata Kakak dan Baby Al sangat suka dan bersemangat membuka-buka halamannya. Ceritanya memang sangat bagus, edukatif, diksinya sesuai dengan anak-anak, dan juga menstimulasi beberapa indera sekaligus. Kenapa bisa menstimulasi beberapa indera? Memang ada buku berjudul “Hmmm” yang merupakan touch book jadi anak bisa meraba buku sambil mengenal beberapa emosi. Tetapi ada juga buku-buku lain yang menstimulasi pendengaran anak jika dibacakan dengan ekspresi dan suara menirukan teks buku.

Anak Bisa Meraba Halaman Seperti Ilustrasi Buku

Ada juga judul yang bertujuan mengenalkan huruf lewat cerita yang menyenangkan, mengenalkan berbagai daerah di Indonesia, berhitung, dan mengambil keputusan.

Bercerita Sambil Mengenal Huruf

Salah Satu Halaman "Asal Mula Namaku"

Bercerita Sambil Berhitung, Mengenal Warna, dan Belajar Mengambil Keputusan

Salah Satu Halaman "Bella&Balon Merah)

Singkat kata, buku-buku terbitan Rabbit Hole memang sangat recommended. Saya bahkan berniat mencari judul-judul lain. Tetapi menunggu waktu yang tepat, seperti saat diskon. Hehee.. Kalau hendak membeli buku reject, untuk buku yang kurang rekat pengelemannya saya sarankan untuk men-strappler di tukang fotokopi agar tidak cepat lepas. Dan untuk anak dibawah tiga tahun, sebaiknya membeli versi boardbook atau yang berkertas tebal agar tidak mudah sobek. Jika ingin mendapat buku kualitas paling primanya tetapi tidak sesuai budget, bisa ikut arisannya juga lho.

Saya pribadi sangat senang ada buku buatan anak negeri yang sangat berkualitas dan edukatif. Semoga terbit buku-buku berikutnya dan semakin bisa mengepakkan sayap ke ranah yang lebih luas. Dan muncul penerbit-penerbit lain yang juga memiliki visi serupa. Bravo Mbak Devi!

*artikel ini bukan review berbayar atau endorse (selebgram kaliiii), murni karena saya dan keluarga menyukai produk dan relevan dengan nilai keluarga kami


Post Comment
Post a Comment