Top Social

Tempat Membeli Batik di Jogja

Thursday, January 11, 2018
Berlibur ke Jogja identik dengan membeli oleh-oleh berupa batik. Meski saya ini asli lahir dan besar di Jogja (coret sih, lebih tepatnya di Kabupaten Bantul), saya hanya biasa membeli batik di dua tempat berikut ini. Terutama jika hendak membeli dalam jumlah agak banyak oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga.

Tempat pertama tentu sudah sangat terkenal, yaitu Pasar Beringharjo di Malioboro. Di sini one stop shopping lah kalau ingin membeli berbagai macam oleh-oleh yang bernuansa etnik. Mulai dari kain batik (jarik), baju batik, tas, berbagai kerajinan, dan hiasan. Gedung pusat penjualan baju dan tas adalah yang berada di depan, atau pintu masuk Jalan Malioboro. Sedangkan untuk pusat berbagai kerajinan (termasuk souvenir pesta), ada di gedung sebelah belakang atau dekat parkir dan masjid. Tetapi saya justru jarang belanja di Pasar Beringharjo. Lebih seringnya saat menemani teman atau keluarga yang ingin ke sana. Alasannya satu saja: tidak pintar nawar!

Belanja di pasar memang harus pintar tawar menawar. Jika tidak ya bisa bisa “kethuthuk” kalau istilah Jawa nya. Yang artinya justru membeli dengan harga yang lebih tinggi dari seharusnya. Kalau barangnya bagus sih mungkin tidak jadi masalah, tapi kalau di ternyata kualitasnya kurang maka bisa jadi menyesal setelahnya.

Di mana kah saya lebih sering membeli batik?



Toko Batik Puspa Kencana terletak di Jalan Gejayan, dekat dengan kampus UGM, UNY, dan Resto Dixie. Kenapa saya suka berbelanja batik di toko tersebut? Alasannya utamanya sama: tidak pintar nawar! Hehe. Kalau di toko macam ini kan tidak perlu ada acara tawar menawar. Yang menyenangkan bagi saya yang tidak pintar menawar adalah, harganya tidak menipu. Di toko ini, harga selaras dengan kualitasnya. Bahkan kadang-kadang bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus dengan harga murah. Saya pernah membeli daster lengan pendek seharga Rp 20.000,00-an dan daster lengan panjang seharga Rp 30.000,00-an dengan kualitas yang bagus. Untuk mendapat daster dengan kualitas lebih bagus lagi, kita bisa membeli dengan harga mulai dari Rp 75.000,00. Cocok sekali kan untuk oleh-oleh? Harga bersahabat, yang dapat oleh-oleh pun senang.

Kenapa bisa murah? Kalau saya amati (tapi belum tentu benar ya kan cuma asumsi) Puspa Kencana memproduksi sendiri produk yang dijual di toko ini. Atau at least dapat mengakses first hand produsen langsung.

Selain daster, gamis, dan baju rumahan, ada juga blouse formal dan blazer yang cocok untuk dipakai kuliah, bekerja, atau acara formal lainnya. Range harga dan kualitasnya pun mulai dari yang terjangkau hingga yang tergolong tinggi.

Kemeja Batik Pria
Sayang yang bagian daster dan busana wanita tidak sempat diambil gambarnya

Salah Seorang Customer Sedang Mencoba Kemeja Batik
kebetulan customer ini adalah Pak Suami hehe

Baju anak dan busana pria juga available disini. Kemeja batik lengan pendek dan panjang tersedia sangat bervariasi. Motif dan warnanya tersedia dari yang disukai oleh anak muda hingga yang sudah berumur. Untuk kemeja pria yang bagus bisa di dapat dari harga Rp 40.000,00-an ribu. Ada juga yang versi “high-end” nya. “High-end” yang saya maksud adalah produk yang kainnya memang berkualitas sangat bagus dengan motif yang memang unik atau sulit dikerjakan.

Sekilas Bagian dari Busana Wanita dan Kain Potongan
yang ditumpuk dan diikat tali adalah kain batik potongan, ada juga sarung bantal, dll

Saya juga senang membeli kain batik yang biasa untuk dijahit menjadi busana. Ada yang sudah per potong sekian meter, ada yang masih roll-an. Membeli kain biasanya khusus saya lakukan untuk membeli kado atau buah tangan spesial. Harganya bisa kita pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Hadiah berupa kain batik seperti ini rasanya cukup manis dan cocok di banyak kesempatan.

Alamat Lengkap Toko Batik Puspa Kencana

Tetapi jika mencari kain batik dengan motif-motif tradisional dengan pakem-pakem tertentu untuk keperluan acara adat Jawa, lebih baik ke Pasar Beringharjo sih. Kalau di sini sepertinya tidak ada ya.

Sebenarnya ada satu lagi sih tempat yang biasa dituju wisatawan untuk membeli batik yaitu Mirota Batik (MB). MB terletak di Jalan Malioboro juga, hampir berseberangan dengan Pasar Beringharjo.  Produk-produk di MB juga bagus-bagus. Tetapi jika sedang musim liburan, MB ini sangat penuh sesak wisatawan. Jadi harap bersabar.

Semoga info ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencari referensi tempat belanja batik. Selamat datang dan selamar berlibur di Jogja!



Post Comment
Post a Comment