Top Social

Kereta Bandara: Moda Transportasi Menuju dan Bertolak dari Soekarno-Hatta

Friday, February 16, 2018
Akhir Desember 2017 lalu, sudah dipublikasikan ke khalayak umum bahwa kereta Bandara Soekarno-Hatta mulai beroperasi. Fasilitas ini tentunya diharapkan dapat mempermudah proses perjalanan penumpang dari Bandara Soetta ke tujuan berikutnya melalui Tangerang atau Jakarta. Banyak yang penasaran dengan fasilitas terbaru tersebut. Termasuk saya. Berawal dari rasa penasaran, maka saya khusus meniatkan untuk naik kereta Bandara Soetta bertepatan dengan rencana saya melakukan travel ke Jakarta.

Lokasi

Karena dari rumah saya naik fasilitas ojek online, saya mencari alamat stasiun Bandara Soetta di aplikasi. Beberapa kali saya coba, tidak berhasil menemukan alamat tersebut. Ternyata nama resmi yang digunakan di aplikasi adalah Airport Railway Station, dengan alamat lengkap Jl. C3 No.831, Pajang, Benda, Kota Tangerang, Banten. Dalam perjalanan, driver sudah mengungkapkan bahwa beliau belum pernah ke stasiun tersebut sehingga tidak mengetahui secara persisnya. Olaa laa...saya pun belum pernah!

Tetapi ternyata kami tidak perlu khawatir. Kami sampai di stasiun dengan lancar, tanpa hambatan berarti. Setelah kami memasuki Jl. C3, terdapat penunjuk-penunjuk jalan yang informatif sehingga kami tidak kesulitan untuk menemukan stasiun kereta Bandara Soetta. Dan saya baru mengetahui pada saat itu bahwa Airport Railway Station milik Bandara Soetta ini memiliki bangunan dan area khusus tersendiri.
Lobby Utama

Gedung Dua Lantai
Bangunan stasiun sendiri belum rampung 100%, tetapi kesan yang bisa ditangkap begitu memasuki stasiun adalah: sophisticated dan lengkap.

Terpampang berbagai informasi yang kita butuhkan di layar-layar monitor dan berbagai sudut tempat. Petugas yang on duty pun sangat informatif dan ramah. Sudah ada beberapa outlet-outlet makanan dan minuman yang dapat kita sambangi saat kita haus dan lapar. Ke depannya, mungkin akan lebih bervariasi lagi outlet yang membuka gerainya di sana.

Berbagai Fasilitas, Ada Nursery Room nya Juga!

Berbagai Outlet
Escalator Menuju Arah Atas

Menuju Area Kereta Lantai I
Rute dan Tiket

Rute Kereta Bandara Soetta direncanakan akan beroperasi dari Bandara Soetta ke Stasiun Manggarai dan sebaliknya. Tetapi sampai saat ini masih baru dapat turun/naik di Stasiun Batu Ceper dan sebuah stasiun baru yaitu Sudirman Baru (BNI City).  Pembelian tiket tidak bisa cash (tunai) atau pun dengan kartu commuter. Tiket hanya bisa dibeli menggunakan kartu kredit, debet/ATM, ataupun online melalui aplikasi Railing.  Jadi saat kita hendak membeli tiket di tempat, kita bisa langsung ke vending machine pembelian tiket. Harga tiket dibandrol Rp 70.000,00/penumpang.

Membeli Tiket di Vending Machine
Setelah tiket di tangan, rasanya sudah tidak sabar untuk segera naik!

Fasilitas Kereta

Pintu ke Area Kereta
Kereta Bandara Soetta
Bagaimana kesan saya terhadap keretanya sendiri? Mimpi dan harapan masyarakat Indonesia untuk memiliki moda transportasi umum yang canggih, bersih, dan nyaman sejajar dengan yang dimiliki oleh negara maju bisa kita rasakan mulai bisa terwujud. Memang dari segi kecepatan rasanya belum bisa dibandingkan dengan kereta cepat milik Jepang, tetapi fasilitas baru ini sudah lebih dari cukup untuk membantu penumpang ke pusat Kota Jakarta dengan nyaman.

Bersih dan Nyaman

Searah vs Berlawanan Arah Kereta
Dalam setiap gerbong, kursi di bagi menjadi dua kelompok berdasar arah, yaitu searah dan berlawanan arah denga jalannya kereta. Sebagai generasi yang dekat dengan gadget, kita pun tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Di kursi-kursi penumpang disediakan jaringan untuk bisa charge baterai menggunakan USB. Fasilitas-fasilitas lain yang bisa kita temui antara lain:

Colokan USB Diantara Kursi

Tempat Barang

Toilet Berada di Gerbong Pertama dan Terakhir

Sebagai warga negara, kita sudah selayaknya ikut menjaga kebersihan dan ketertiban baik di stasiun maupun saat berkereta. Selain dengan membuang sampah di tempat sampah, kita juga harus menaati peraturan yang sudah diberlakukan seperti tidak mengangkat kaki ke kursi karena dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain. Ya dong, masak kita ikut bangga nya saja tetapi tidak ikut menjaga fasilitasnya.


Kebetulan hari itu saya hendak ke Kota Tua Jakarta, sehingga saya turun di Stasiun Sudirman Baru (BNI City). Untuk sampai ke tujuan, saya harus melanjutkan perjalanan ke Stasiun Sudirman dengan berjalan kaki. Jalan untuk pejalan kaki dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) ke Stasiun Sudirman sudah dipersiapkan meski belum selesai.

Stasiun Sudirman Baru (BNI City) Tampak dari Atas
Berjalan Keluar Stasiun Sudirman Baru (BNI City)

Memang banyak yang merasa harga tiket kereta ini termasuk mahal, tetapi masih menjadi alternatif yang sangat layak dipertimbangkan untuk menghindari macet arah dari dan ke Bandara Soetta. Apalagi jika tujuan kita bisnis atau wisata, pasti sangat menghindari macet. Semoga semakin banyak moda transportasi umum yang nyaman seperti ini untuk masyarakat Indonesia. Impian transportasi umum menjadi primadona masyarakat Indonesia semoga lekas terwujud.
Post Comment
Post a Comment