Top Social

Mencari Pernak-Pernik Pesta, Hari Raya, Sekolah, Hingga Wallpaper untuk Homedecor di Pasar Asemka

Friday, February 23, 2018

Tidak jauh dari Stasiun Jakarta Kota, terletak sebuah kawasan pasar yang dikenal dengan nama Pasar Asemka. Jika sobat sedang traveling ke dekat daerah tersebut dan sedang ingin mencari berbagai pernak-pernik dengan harga murah, maka bisa mampir ke sini. Aksesnya mudah dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari stasiun.

Apa itu Pasar Asemka?

Kios-kios di Bawah Jembatan
Pasar Asemka adalah pasar grosir yang menawarkan berbagai macam pernak-pernik pesta, hari raya, dan souvenir. Beraneka macam mainan anak, peralatan sekolah, kaos kaki, hiasan rambut, dan hiasan rumah juga tersedia di sini. Banyak pembeli yang khusus berbelanja di Pasar Asemka untuk dijual kembali. Harga barang di Pasar Asemka memang lebih murah, terutama jika membeli dalam jumlah banyak maka akan mendapat harga khusus. Bahkan membeli dalam jumlah setengah lusin (6 buah) pun terkadang sudah diberi potongan oleh beberapa penjual.

Tersedia Peralatan Sekolah, Mainan Anak, dan  Berbagai Pernak-Pernik
Tidak semua pembeli datang dengan maksud menjual kembali. Banyak juga yang datang karena hendak menyelenggarakan pesta atau menyambut hari raya. Mereka datang untuk membeli segala pernak-pernik mulai dari perlengkapan pesta ulang tahun hingga souvenir pernikahan. Alasan para pembeli biasanya karena bisa mendapatkan barang yang cukup berkualitas tetapi dengan harga miring. “Saya mencari balon-balon karakter yang tebal dan tidak mudah meletus. Kalau selain di Asemka, kenanya lebih mahal” tutur seorang ibu yang khusus datang dari Tangerang untuk membeli perlengkapan pesta ulang tahun.

Hiasan Rumah untuk Pecinta Homedecor

Pasar Asemka juga bisa menjadi surga bagi para pecinta homedecor. Saat ini sedang marak penggunaan wallpaper yang disesuaikan dengan tema dekorasi rumah yang ingin diusung. Pecinta homedecor bisa berburu wallpaper sticker dengan harga Rp. 60.000,00 – Rp 70.000,00/gulungan jika membeli satuan. Berbagai macam motif wallpaper sticker tersedia di sini. Mulai dari motif karakter, shabby chic, minimalis, vintage, dsb.
Wallpaper Sticker

Motif Shabby Chic

Motif Garis, Minimalis, dan Klasik

Menurut penjelasan beberapa penjual, wallpaper sticker yang masuk di Pasar Asemka adalah barang import. Terdapat beberapa merk. Pembeli harus jeli juga untuk mengetahui kualitas pelekatan lem, tekstur, dan warna. Para penjual juga sering melayani penjualan dari luar kota atau luar Pulau Jawa. Selain toko fisik, beberapa penjual juga memiliki toko online untuk melayani konsumen yang tidak sempat datang langsung.

Fasilitas dan Tempat Makan

Jika kita ingin berbelanja, tidak sulit untuk menemukan lokasi para penjual. Toko-toko berderet sepanjang jalan di Asemka, tetapi banyak juga penjual kaki lima dan penjual yang berjualan di kios-kios yang berada persis di bawah jembatan layang. Beberapa toko menyediakan fasilitas tempat sholat. Jadi pembeli tidak kesulitan untuk mencari masjid atau mushola jika sudah memasuki waktu sholat.  

Kita juga bisa mencari barang di gedung Asemka 3 dan Asemka 5. Selain bisa berbelanja, di kedua gedung tersebut terdapat fasilitas ATM jika kita perlu transfer atau menarik uang.
Banyak Penjual Minuman dan Makanan
Tidak ada foodcourt khusus layaknya di mall atau pusat perbelanjaan besar lainnya. Meski demikian, kita dengan mudah dapat menemukan penjual atau warung makanan di sini. Ada penjual nasi rames, soto mie, bakso, dan masakan Padang. Warung masakan Padang yang dikelola seorang pria paruh baya yang biasa disapa Uda ini termasuk yang ramai dikunjungi. Cita rasa Padangnya kental terasa dengan harga yang bersahabat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berkeliling ke Pasar Asemka, jika sobat sedang berburu barang-barang tersebut atau sekedar ingin berwisata dan cuci mata


1 comment on "Mencari Pernak-Pernik Pesta, Hari Raya, Sekolah, Hingga Wallpaper untuk Homedecor di Pasar Asemka"