Top Social

Template Buku Kemajuan Siswa TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) / Mengaji (Free Download)

Sunday, September 8, 2019
Bagi para pendidik, mengetahui kemajuan belajar siswa adalah sesuatu hal yang penting. Salah satu definisi belajar sendiri dalam Psikologi Pendidikan adalah: dari tidak tahu menjadi lebih tahu. Dengan mengetahui kemajuan siswa, pendidik dapat melakukan evaluasi apakah pembelajaran yang selama ini dilaksanakannya sudah memenuhi target yang ditetapkan. Termasuk dapat mengetahui apakah selama pembelajaran sudah efektif atau belum.

Cara untuk mengetahui kemajuan siswa dapat ditempuh dengan beberapa cara, antara lain:
  1. Observasi. Observasi dapat dilakukan dengan menggunakan dua jenis metode yaitu observasi terstruktur (ceklist, rating, penskalaan, dsb) dan tidak terstruktur (biasanya dalam bentuk narasi). Perbedaan antara observasi terstruktur dan tidak terstruktur terletak pada ada tidaknya standard yang dipakai dalam melakukan observasi.
  2. Tes lisan. Tes ini dapat dilakukan dalam cara yang sederhana. Misalnya dengan tanya jawab singkat selama dan setelah selesai pembelajaran.
  3. Tes tertulis. Tes ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memberikan tugas berupa lembar kerja siswa, PR (pekerjaan rumah), ulangan, dan ujian. Pendidik pun bisa memberikan soal yang sama sebagai pre-test dan post-test untuk mengukur perbedaan pengetahuan secara jelas dan kuantatif.
Dalam Montessori yang digagas oleh Maria Montessori, dokumentasi tiap siswa sangat penting. Guru harus memiliki dokumentasi siswa yang berisikan tidak hanya hasil tes tertulisnya, tetapi juga hasil karyanya dan catatan observasi yang dilakukan terhadap siswa. 

Para pengajar TPQ atau Taman Pendidikan Al-Qur'an pun perlu memiliki dokumentasi ini. Selain menjadi catatan akan perkembangan siswa sendiri, dokumentasi siswa dapat menjadikan penghubung atau sarana komunikasi antara pendidik dan orang tua siswa. Berikut ini adalah contoh template Buku Kemajuan untuk siswa TPQ. Silakan diunduh dan dimodifikasi sesuai keperluan. 



Link untuk mengunduh template Buku Kemajuan ada di sini


Berikut adalah contoh setelah dicetak
Halaman Judul (Cover)




Halaman pertama saya minta di-copy ke dalam kertas buffalo atau kertas sejenis yang memiliki ketebalan yang serupa, karena halaman pertama dijadikan cover.

Guru dapat menuliskan keterangan misalnya lanjut, ulangi, atau untuk memperhatikan huruf/tanda baca/makharijul/takwid yang masih perlu dilatih siswa 

Di beberapa halaman terakhir, disediakan bagian untuk mencatat hafalan surat, doa, dan hadits
Template ini masih banyak kekurangannya, terutama dalam segi desain dan margin booklet. Silakan diperbaiki agar lebih baik saat digunakan. Salam semangat untuk semua.












Post Comment
Post a Comment